Bandar Lampung, 19 November 2025 — Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung semakin menunjukkan komitmennya untuk mendekatkan layanan pertanahan kepada masyarakat dengan menggelar program PELATARAN (Pelayanan Tanah Akhir Pekan). Layanan ini membuka pintu bagi warga yang memiliki keterbatasan waktu di hari kerja untuk mengurus urusan pertanahan pada Sabtu dan Minggu.
Program PELATARAN yang digagas oleh Kementerian ATR/BPN sebagai respons atas kebutuhan masyarakat yang tak bisa datang ke kantor pertanahan selama hari kerja. Melalui program ini, masyarakat pemilik tanah (tanpa kuasa) dapat mengurus berbagai administrasi pertanahan seperti pendaftaran sertipikat, permohonan informasi, dan penyerahan produk layanan.
Layanan PELATARAN diadakan pada Sabtu dan Minggu mulai pukul 08.00 hingga 12.00 dengan membuka 2 loket yaitu loket pendaftaran dan loket penyerahan produk serta informasi. Tidak semua kantor pertanahan menerapkannya: sejak program diluncurkan pada 2022, baru sekitar 107 Kantor Pertanahan di 33 provinsi yang aktif membuka loket akhir pekan. Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung termasuk salah satu kantor yang menjalankan program in. Hadirnya PELATARAN di Bandar Lampung dinilai sangat tepat dan strategis mengingat tingginya mobilitas warga dan padatnya aktivitas masyarakat pada hari kerja khususnya di Kota Bandar Lampung
Implementasi PELATARAN di Bandar Lampung mencerminkan komitmen Kementerian ATR/BPN dalam beberapa aspek layanan publik:
- Aksesibilitas: Masyarakat yang bekerja di hari kerja kini bisa mengurus tanah mereka di akhir pekan.
- Efisiensi: Dengan jam buka terbatas di akhir pekan, Kantah bisa melayani permohonan penting tanpa harus menunggu hari kerja.
- Transparansi & akuntabilitas: Pelataran ditujukan bagi pemohon langsung, bukan melalui kuasa, sehingga mengurangi risiko “calo”.
- Respons terhadap kebutuhan masyarakat: Fokus program di kantor dengan volume berkas tinggi menandakan bahwa ATR/BPN mendengarkan kebutuhan warga di kota besar.
Program Layanan Akhir Pekan ini memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap BPN karena terus hadir dan dekat dengan masyarakat dimulai dari layanan yang dihadirkan untuk mempercepat penyelesaian administrasi pertanahan. (MRM/TW)
Redaksi Sigernesia

Tinggalkan komentar